Main Menu

PERTEMPOERAN BAROE DI MALAKA.

[Koran Tempo 29 Desember 1941]

Singapore, 27 Dec. (Reuter).

Menoeroet communique hari in telah terdjadi pertempoeran-pertempoeran di Soengai Sipoet, 40 K.M. disebelah Oetaranja Ipoh. Setelah kemaren terdjadi pertempoeran dengan patrouille-patrouille Djepang, hari ini terdjadi ,,contact” dengan soeatoe pasoekan moesoeh jang besar, hal mana menoendjoekkan, bahwa pertempoeran ini lebih loeas dari pada soeatoe perkelahian antara soeatoe patrouilles. Orang menganggap moengkin sekali, bala bantoean moesoeh -tentang mana soedah didapat tahoe sementara tempo bahwa bala bantoean itoe dikirimkan oleh moesoeh kemedan perang- telah mengambil kedoedoekannja, berhoeboeng dengan mana moengkin sekali adanja ,,pauze” dimedan perang ini selama seminggoe ini tidak lama lagi akan berachir. Pasoekan-pasoekan kita telah mempergoenakan tempo pauze ini dengan baik. Mereka tidak hanja sadja telah mengasau dan menjoesoen kembali barisannja, akan tetapi mereka djoega telah berhatsil memahamkan peladjaran-peladjaran tentang taktieknja Djepang. Taktiek ini haroes diakoei, memang soenggoeh mentertjengangkan ahli-ahli militair Inggeris. Moreel diantara barisan Inggeris dan Imperiaal tinggi, dan meskipoen mereka moengkin akan mengoendoerkan diri oleh karena desakannja moesoeh dan penembakan-penembakan dari oedara, mereka tetap penoeh kepertjajaan, babwa mereka akan dapat mengoeasai keadaan.

Lain dari pada itoe pasoekan-pasoekan Japan makin lama akan makin mendapat kesoekaran oentoek madjoe. Politiek Inggeris meroesak segalanja jang ditinggalkan (verschroeide aarde) soedah moelai berdjalan dengan baik, dan dikemoedian hari barisan-barisan Japan, selainnja persediaan militair dan bala bantoeannja, djoega haroes mengangkoet segala keperloeannja makanan melewati djalan-djalan perhoeboengannja dari Thailand, tentang mama diketahoei tidak baik adanja.

Dimedan-medan lain keadaan tidak beroebah.

Sekarang roepanja ternjata bahwa pertempoeran patrouille jang menoeroet communique kemaren terdjadi didekatnja Kemaman dalam daerah negeri Trengganau, tidak begitoe penting adanja, dan bahwa patrouille moesoeh itoe hanja soeatoe bagian, jang dikirimkan dari Kota Baroe melewati djalan jang sepi sepandjang pantai.



(Next News) »



Comments are Closed

Translate »
You cannot copy content of this page