Main Menu

PEMBERONTAKAN DI PADANG.

[Koran Bintang Timoer 5 Januari 1927]

Communisten ngamoek lagi! Beberapa pegawai Gouv. di boenoeh. Toean Leurs wegopz di tjintjang.

Padang 5 Jan. (Aneta). Pada hari Selasa sore poekoel 4 Assislent-Resident Sawah Loento telah sampai di Tandjoeng Ampaloe, dimana Controleur Sidjoendjoeng dan satoe brigade militairen di bawah commandonja Luitenant van Ameyden telah ada, dan kabarkan bahwa 3 boeah auto dari Fort de Kock meliwati Tandjoeng Ampaloe dengan masing-masing memakai bendera merah telah di tahan dan sekalian (tidak terbaca) laloe di tangkap, melainkan orang jang tjoba melarikan diri telah di tembak mati. Kemoedian ternjata bahwa orang itoe ialah Abdoelmanap pemimpinnja dari itoe kawanan seorang bekas goeroe sekolah desa di Soengei Lassie.

Pada malam minggoe di Sidjoendjoeng ada doea boeah roemah jang di bakar, jang mana di goenakan sebagai tanda oentoek memoelai itoe pemberontakan, tapi oentoeng Controleur dengan lekas panggil orang militairen dari Soengei Dareh.

Dalam perdjalanan dari Padang Siboesoek ke Tandjoeng Ampaloe Assisient Resident berdjoempa dengan demang Sidjoendjoeng jang keloear dan dalam hoetan.

Pada malam minggoenja demang itoe dengan mengendarai autonja Controleur telah di kirim ke Sawah Loento minta pertoeloengan, tapi di betoelan Tandjang Ampaloe telah di tahan oleh bebrapa poeloeh orang jang masing-masing lengkap dengan sendjatanja. Chauffeurnja laloe melarikan diri, sedang demang jang memegang stuur sendiri memberhentikan autonja dan laloe lontjat keloear dan teroes melarikan diri, autonja telah di ketemoekan kembali.

Locomotief dari kareta api jang menodjoe Sawah Loento meliwati Siloengkang keloear dari rail dan lontjat dari baan.

Djaoeh sedikit dari itoe tempat ada di ketemoekan dynamiet.

Trein itoe sampainja di Sawah Loento dengan mendapat kelambatan 4 djam.

Perhoeboengan telegaaf dan telefoon ke Sidjoendjoeng Soengei Dareh sedikit-sedikit boleh berlakoe tapi liwat Soengei Dareh ke djoeroesan Moeara Tebo sama sekali tidak bisa di goenakan.

Perdjalanan kereta api.

Bandoeng 5 Jan. (Aneta) Dienst S. S. dapat telegram dari Padang, di wartakan bahwa kereta api lantaran banjaknja toempoekan batoe di djalanan terpaksa misti berhenti, jang mana lantas di boeangi oleh trein personeel. Dengan selamat kereta api itoe telah sampai di Sawah Loento.

Perdjalanan kereta api ke Moeara tidak bisa di lakoekan.

Orang orang jang di tangkap.

Padang 5 Jan. (Aneta). Djoemlahnja orang kaoem pemberontak jang di tangkap ada 267 dan dengan di djaga oleh militair mereka di kirim ke Sawah Loento.

Militair jang mendjaga di tempat-tempat jang timboel keriboetan ada sampai tjoekoep.

Selaloe terdjaga.

Bandoeng 5 Jan, (Aneta) Dienst S.S. terima telegram dari Padang dalam mana dinjatakan bahwa semoea kereta api ke djoeroesan Solok dan Sawah Loento didjalankannja dengan didjaga oleh militair.

Dengan didjaga oleh militair ini hari akan ditjoba memperbaiki kawat kawat telepon ke djoeroesan Moeara.

Station beambte dari Padang Siboesoek telah melarikan diri. Personeel dari Moearalijn jang lainnja tidak ada jang tjilaka, djoega tidak ada jang hilang.

Pegawai S.S. Siloengkang semoea tidak ada.

Belakangan diketahoei bahwa di Kilometer 159 ada 500 Meter spoor jang di tarik ke sawah.

Posttelegram dari Padang dan perhoeboengan post ke Sidjoendjoeng tidak bisa dilakoekan.






Comments are Closed

Translate »
You cannot copy content of this page