Main Menu

Konperensi Badan Pembantoe Pendidikan

[Koran Kedaulatan Rakjat 22 April 1947]

Pengadjaran Sekolah Tehnik.

Solo, 21-4.

PADA tgl, 19-4 malam di sekolah pertoekangan negeri Soerakarta telah dilangsoengkan malam perpisahan konperensi BPPPST seloeroeh Djawa jang dikoendjoengi oleh 33 oetoesan jang membawa 243 soeara.

Setelah dioeraikan maksoed konperensi tsb. oleh sdr. Ketoea dibentangkan poela riwajat BPPPST jang menoentoet kemadjoean tennik, sesoeai dengan lain2 negeri jang besar2. Oleh Inspektoer dari Kementerian Pengadjaran Poesat, dibentangkan kemadjoean2 setelah tehnik didoenia Eropah jang soedah madjoe itoe.

Karenanja diandjoerkan agar soepaja para goeroe dapat mengoesahakan dan memasoekkan ideologi peladjar2 di sekolahan2 agar dapat sesoeai dengan kemadjoean djaman.

Wali Kota, sdr. Soetopo Hadisapoetro dari Djawatan Pengadjaran Karesidenan Soerakarta antaranja mengoeraikan sebagai berikoet: Mengingat perbandingan djoemlah sekolah landjoetan jang tidak koerang dari 57 boeah dari sekolah tehnik pertoekangan di Soerakarta ternjata bahwa sekolah tehnik terasa besar mendapat perhatian dari masjarakat, jang sebetoelnja pada waktoe ini haroes diperingatkan.

Goeroe haroes dapat memadjoekan bahwa pendidikan sekarang itoe mendjadi alat sehingga masjarakat mengerti benar2 apakah maksoed dari pada pembangoenan ini. Karenanja goeroe haroes dapat menanam dasar pendidikan kearah djiwa jang hidoep, oentoek pergoeroean masjarakat kita jang sesoeai dengan kemadjoean doenia.



« (Previous News)



Comments are Closed

Translate »
You cannot copy content of this page